Cari Blog Ini

Sabtu, 09 April 2011

Syarat Pengecekan Engine Sound OTOMOTIF

| NOVEMBER 25, 2010 AT 09:37
deteksisumberbunyiberisikdimesin 01FN Arseen Syarat Pengecekan Engine Sound
Sebaiknya posisi  jangan diparkir pakai standar tengah maupun samping. Minta bantuan teman untuk memegangnya
OTOMOTIFNET – Edisi lalu sudah diulas cara mendeteksi bunyi dengan 2 alat; pakai stetoskop khusus buat atau disebut mechanics stethoscope. Bisa juga manfaatkan batang besi atau obeng yang kedua ujungnya besi.
Ilmu menganalisa suara pada  ini biasanya diterapkan masing-masing produsen kendaraan lo. Salah satunya PT Astra Honda  (AHM). Belum lama ini AHM membuka kelas engine sound pada divisi training mekanik mereka, yakni Astra Honda Training Center (AHTC) di Sunter Podomoro, Jakut.
Kelas ini khusus mempelajari bunyi-bunyi yang dihasilkan . Terutama bunyi-bunyi aneh atau  yang mengindikasikan adanya kerusakan, terang Endro Sutarno, instruktur AHTC. Definisi engine sound sendiri adalah suara yang berasal dari komponen-komponen . Suara knalpot dan rantai roda tidak termasuk.
Nah, kata Endro, untuk bisa menganalisa suara aneh di , butuh pengetahuan soal . Minimal paham soal komponen apa saja yang ada di balik cover  dan mengetahui letak persisnya. Tanpa itu, ilmu ini akan sia-sia.
Selain itu, ada beberapa hal perlu diperhatikan saat hendak mendiagnosa suara  yang . Pertama Kondisi  usahakan jangan diparkir pakai standar tengah. Karena akan timbul vibrasi saat putaran dipercepat, terang pria murah senyum ini.
Sebenarnya, lanjut Endro, boleh saja diparkir pakai standar tengah, namun pada kaki standar tengah kudu dialas pakai karet atau bahan yang bisa meredam getaran. Karena getaran yang timbul bisa memunculkan suara yang dapat mengganggu penganalisaan bunyi . Tidak pula menggunakan side stand atau standar samping.
Sebaiknya motornya dipegang saja. Makanya perlu satu orang lagi untuk melakukannya. Sedang kita yang pemeriksaan suara. Bisa minta bantuan teman atau saudara buat menahan , tukas Endro.
deteksisumberbunyiberisikdimesin 02 Arseen Syarat Pengecekan Engine Sound 
Periksa terlebih dulu kemungkinan adanya suara di luar  yang dapat mengganggu pendengaran 
deteksisumberbunyiberisikdimesin 03 Arseen Syarat Pengecekan Engine Sound 
Ujung knalpot sebaiknya ditutup kain biar tidak terlalu berisik
Lantas, setelah  dihidupkan dan agak diblayer-blayer sedikit, coba teliti dulu apakah ada suara mengganggu lainnya atau tidak. Seandainya ada, pastikan suara itu berasal dari mana. Bila suara asalnya dari bodi, bodi itu sebaiknya dilepas dulu. Biar tidak mengganggu proses  engine sound, tambahnya.
Lalu yang kudu diingat, saat akan mendiagnosis suara , Isi tangki bahan bakar harus full. Sebab jika tidak, ruang yang kosong dalam tangki juga bisa menimbulkan suara akibat terkena getaran , jelas Endro. Bahkan suara knalpot yang juga dapat mengganggu, sebaiknya ditutup kain.
Jika sudah, pastikan persneling dalam posisi netral (N). Kecuali saat hendak mengecek suara  yang berasal dari gigi transmisi. Lalu putaran  dikondisikan idle alias langsam. Nah, kini tinggal memasuki tahap mendiagnosis suara .
Lakukan pemeriksaan di beberapa titik permukaan  sampai didapat bunyi yang paling nyaring (treble). Karena kemungkinan komponen yang ada di balik bagian  yang terdengar nyaring itu lah yang bermasalah, ucapnya.
Oh iya, kata Endro waktu mencermati bunyi , lakukan snaping (buka tutup gas) secara beraturan hingga putaran  2.5003.000 rpm. Intervalnya kira-kira waktu langsam selama 2 detik, lalu waktu digas sampai putaran 2.500-3.000 rpm cukup 1 detik.
Sudah mengerti?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar